Senin, 30 Juli 2012

DEFINISI

Berikut beberapa definisi / pengertian dari istilah - istilah yang sering digunakan.

Pereaksi disingkat P adalah suatu zat yang digunakan sebagai unsur pokok dari larutan.

Indikator adalah pereaksi yang digunakan untuk menyatakan titik akhir suatu reaksi kimia, untuk mengukur kadar ion hidrogen (pH) atau untuk menyatakan bahwa perubahan pH sudah terjadi.

Larutan penyangga, larutan dapar, atau buffer adalah larutan yang digunakan untuk mempertahankan nilai pH tertentu agar tidak banyak berubah selama reaksi kimia berlangsung. Sifat yang khas dari larutan penyangga ini adalah pH-nya hanya berubah sedikit dengan pemberian sedikit asam kuat atau basa kuat.
Larutan penyangga tersusun dari asam lemah dengan basa konjugatnya atau oleh basa lemah dengan asam konjugatnya. Reaksi di antara kedua komponen penyusun ini disebut sebagai reaksi asam-basa konjugasi.

Larutan Kolorimetrik / colorimtri disingkat LK adalah larutan yang digunakan dalam pembuatan baku kolorimetri untuk perbandingan.

Larutan Pereaksi disingkat LP adalah larutan dari pereaksi dalam pelarut dan kadar tertentu yang sesuai dengan penggunaan tertentu.

Larutan Volumetrik disingkat LV dan juga dikenal sebagai larutan baku, adalah larutan suatu pereaksi dengan kadar yang diketahui dan dibakukan untuk digunakan terutama pada penetapan kuantitatif. Kadar biasanya dinyatakan dalam normalitas.

Air bebas karbon dioksida adalah air murni yang telah dididihkan kuat-kuat selama 5 menit atau lebih dan di diamkan sampai dingin dan tidak boleh menyerap karbon dioksida dari udara.

Air awaudara adalah air murni yang sudah dikurangi udara terlarut dengan cara yang sesuai seperti dididihkan selama 5 menit dan didinginkan atau dengan menggunakan penggetar ultrasonic.


Sumber : Farmakope Indonesia & Wikipedia

1 komentar:

  1. Slingo Fever Season - Play For Free For Fun (Ep. 7)
    Slingo Fever Season. If you're looking for 카지노 a sweet Christmas spirit and starvegad can't get enough of a little love, Slingo Fever Season 카지노사이트 3 is the perfect

    BalasHapus